Minggu, 18 Januari 2015

Keahlian apa sajakah yang harus dikuasai oleh seorang Web Developer?


Keahlian apa saja yang harus dikuasai seorang Web Developer ?

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang hal apa aja sih yang harus dimiliki oleh seorang Web Developer dan keahlian apa aja yang harus mereka miliki. Langsung aja berikut ini penjabarannya :

Gambar
Sebetulnya ada banyak istilah untuk pembuat website. Ada yang bilangweb designer, web programmer, webmaster, web architect dan lain-lain. Saya pribadi lebih suka menggunakan istilah Web Developer karena udah mencakup semua kegiatan dalam membangun sebuah website dari nol. Kalau istilah webmaster menurut referensi WIKIPEDIA, juga mencakup sebagai pengelola yang memaintain isi website dan menjalankan website tersebut.
Nah pertanyaan ini sempat beberapa kali dilemparkan ke saya, keahlian apa aja saja sih yang harus dimiliki seorang pembuat website atau yang saya bilang tadi Web Developer. Menurut saya yang sudah berkecimpung di dunia web developer selama 5 tahun belakangan ini, untuk membangun sebuah website yang berkualitas, seorang web developer harus menguasai minimal skil-skil berikut :

1. Graphic Design
Tanpa keahlian Graphic Design, bagaimana mungkin seorang web developer dapat membuat desain template yang menarik dan profesional untuk diimplementasikan menjadi website.
2. HTML dan CSS
Bahasa HTML dan CSS adalah wajib dikuasai secara advance oleh seorang web developer, karena dengan keahlian inilah developer harus mampu mengimplementasikan desain menjadi website template yang terstruktur dengan baik dan optimal. Semakin tinggi penguasaan terhadap HTML dan CSS, seorang developer akan semakin mampu mengoptimasi hasil desain template website menjadi menarik, rapi dan ringan untuk diakses.
3. Javascript/jQuery
Keahlian ini sangat penting dikuasai untuk memberikan sentuhan-sentuhan yang menarik akan hasil template website. Misalnya animasi menu, menampilkan dan menyembunyikan konten dan lain-lain. Javascript/jQuery yang bekerja di browser juga dapat membantu sistem website menjadi lebih simple dan interaktif dibanding hanya menggunakan bahasa program yang bekerja di server.
4. Bahasa Pemograman Website
Nah bahasa pemograman inilah yang paling utama yang harus dikuasai. Untuk pemograman ini sering juga disebut Server Side Coding atau kode yang bekerja disisi server. Ada banyak bahasa pemograman untuk membuat website seperti PHP, ASP, Coldfusion, Perl dan lain-lain. Anda boleh mempelajari semua atau cukup menguasai salah satu saja. Yang paling populer saat ini adalah PHP.
5. Database
Database juga wajib dikuasai karena untuk membangun website dinamis selalu membutuhkan database. Semakin tinggi pemahaman dan kemampuan web developer dalam membuat struktur database yang tepat maka sistem dan website yang akan dihasilkan akan semakin baik dan optimal. Saat ini database yang paling banyak digunakan adalah mySql.
6. Search Engine Optimization/Search Engine Marketing

Kenapa seorang web developer harus menguasai SEO/SEM ini? Tentu saja, agar website yang dibangun memenuhi syarat-sayarat yang ditetapkan search engine khususnya Google, dengan demikian website akan terindek dengan baik pada halaman pencarian Google. Dengan begini website yang dihasilkan akan mendatangkan pengunjung secara maksimal. Untuk apa sebuah website yang sudah di desain dengan bagus dan memiliki sistem yang baik namun tidak ada pengujung? Rite?
Nah itulah kurang lebihnya yang harus dikuasai untuk menjadi seorang web developer yang dapat membangun website yang berkualitas. silahkan pelajari skill diatas satu persatu :)

0 komentar:

Posting Komentar