Rabu, 28 Januari 2015

Pengertian, Sejarah, serta Manfaat dari Internet

Pengertian, Sejarah, serta Manfaat dari Internet


pengertian internet 
 
Pengertian Internet – Berbicara tentang internet kita tidak akan terlepas dengan yang namanya teknologi dan informasi. Kita saat ini sedang di hidup di zaman kebebasan berkomunikasi efeknya adalah semakin mudahnya kita mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Media informasi tentu saja ada banyak, diantaranya televisi (media elektronik), koran (media cetak), siaran radio dan lainnya. Dari semua media tersebut memiliki ciri khas masing-masing, namun dari ketiga media informasi tadi memiliki kesamaan. Yaitu kadang informasi yang disampaikan oleh madia tadi tidak sesuai dengan yang kita butuhkan saat itu. Faktor itulah yang berbeda dari informasi yang bisa didapat dari internet. Melalui media internet kita bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan saat itu juga. Lalu apa sebenarnya pengertian internet itu sendiri?

Pengertian Internet

pengertian internet



Pengertian Internet – Internet adalah kependekan dari Interconnected Network. Internet merupakan sebuah sistem teknologi komunikasi yang bisa menghubungkan antar satu komputer dengan komputer lainnya sehingga menjadi sebuah jaringan, jaringan ini mencakup seluruh dunia. Bisa kita bayangkan ada berapa banyak komputer di seluruh dunia, dan semua komputer tersebut bisa saling terhubung melalui suatu sistem jaringan yang dinamakan internet. Ada standar tertentu yang lalu menjadi sebuah aturan baku supaya satu komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang ada pada jaringan internet, yaitu dengan adanya protokol TCP/IP. Protokol ini bisa kita ibaratkan sebagai sebuah pintu pada rumah.
Selain menggunakan IP Address yang berbentuk deret angka, untuk mengidentifikasi sebuah komputer pada jaringan internet biasa juga menggunakan nama atau yang sering disebut dengan nama domain. Contohnya: google.com, yahoo.com, mandalamaya.com.

Sejarah Internet

Bermula dari project yang dibuat oleh lembaga Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1960-an cikal bakal internet ini lahir dengan nama ARPANET. Project ini terus berkembang hingga pada tahun 1980an internet mulai digunakan secara terbatas pada beberapa universitas di Amerika Serikat. Beberapa terobosan terus bermunculan guna mendukung kelayakan internet agar bisa digunakan secara global. Pada tahun 1982 pertma kali diperkenalkan protokol TCP/IP, lalu menyusul kemudian pada tahun 1984 lahir domain. Baru sampai ke Indonesia teknologi internet ini pada tahun 1994.
Pertanyaan yang kemudian mungkin muncul dibenak kita semua adalah apa saja yang bisa kita lakukan melalui media internet? Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa kita lakukan dengan adanya dukungan jaringan internet, ini sekaligus menjadi fungsi dari internet itu sendiri.

Manfaat Internet

Browsing
Dengan terhubungnya komputer pada jaringan internet maka kita bisa mencari banyak informasi yang ada pada sebuah website yang dibangun oleh orang lain pada komputer servernya.
Searching
Searching adalah kegiatan saat mencari informasi. Untuk melakukannya kita membutuhkan software yang dinamakan search engine, contoh search engine adalah google.com, bing.com dll. Misal kita mencari informasi pemilu 2014 pada sebuah search engine google, kemudian google.com akan menampilkan banyak informasi yang berhubungan dengan pemilu 2014. Informasi yang ditampilkan google ini bersumber kepada website, misal portal berita detik.com.

Email

Lewat jaringan internet kita bisa bertukar informasi dengan kerabat, kawan atau rekan kerja menggunakan surat elektronik atau kita sebut Email.
Chatting dan Video Call
Dapat kita rasakan alangkah sulitnya dahulu ketika hendak berkomunikasi dengan kerabat yang tinggal di tempat yang jauh. Dengan jaringan internet masalah tersebut kini telah teratasi, kapanpun kita bisa mengobrol melalu fasilitas chatting yaitu bertukar pesan secara cepat, atau bahkan kita bisa bicara bertatap muka melalui fasilitas video call.
Remote Komputer
Dengan adanya fasilitas jaringan internet jarak bukan lagi perkara yang dapat membatasi ruang gerak kita. Apabila kita membutuhkan suatu file penting misal pada komputer yang berada di rumah dan kebetulan saat itu kita berada di luar kota, kita tidak akan lagi kesulitan. Karena dengan adanya jaringan internet file yang dibutuhkan tadi bisa diambil dengan mudahnya, seolah kita sedang mengoperasikan komputer yang ada di rumah dengan bantuan aplikasi pengendali komputer dari jarak jauh atau remote komputer.
Tentunya masih ada banyak lagi kegiatan lain yang bisa kita lakukan melalui jaringan internet. Intinya adalah dengan jaringan internet pekerjaan kita semakin terbantu, ditambah lagi alat-alat yang semakin canggih kini terus bermunculan, hal ini menjadikan internet semakin bermanfaat untuk kita.

Cukup sekian yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian internet, semoga informasi pengertian internet ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar