Rabu, 11 Februari 2015

Apa Perbedaan Kata "Learn" dan "Study" ?

PERBEDAAN KATA LEARN dan STUDY 

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa perbedaan dari kata "Learn" dan "Study", walaupun keduanya sama-sama memiliki arti yang sama yaitu "Belajar", nah berikut ini akan dijelaskan lebih detail :

Apa bedanya kata learn dan study yang keduanya berarti belajar?

Kata kerja study menunjukkan sebuah aktivitas, aktivitas yang dilakukan ketika kita ingin belajar menguasai (learn) tentang sesuatu. Sedang kata kerja learn berfokus pada momen dimana sesuatu telah menjadi bagian dari pengetahuan kita. Kata kerja learn juga mengandung sebuah makna penyelesaian/penguasaan (completion) dan sifatnya permanen (permanency); biasanya, ketika kita telah belajar (learn) sesuatu, kita tahu segala sesuatunya tentang hal tersebut dan kita tidak mudah melupakannya.
Perhatikan kalimat berikut
  • I learned German last year, but I can’t speak it (Saya telah mempelajari bahasa Jerman tahun lalu, tetapi saya belum bisa berbahasa Jerman)
“I learned German” menunjukkan bahwa Anda benar-benar telah mempelajarinya, atau telah menjadi bagian dari pengetahuan anda sehingga normalnya Anda mampu menggunakan bahasa tersebut. Kalimat diatas terdengar ganjil karena menggunakan kata learn sementara Anda tidak bisa berbahasa Jerman, yang seharusnya Anda telah menguasainya.
Kita bisa saja mempelajari (study) sesuatu tetapi tanpa penguasaan (learn) atau belum menjadi bagian dari pengetahuan kita, sehingga kalimat berikut sudah tepat.
  • I studied German for three years, but I can’t speak it.
  • I studied very hard, but I didn’t learn much.
Jadi..
Studying merupakan sebuah aktivitas yang kita lakukan selama sebuah periode waktu, tetapi learning merupakan sebuah perubahan tentang kesadaran/pengetahuan kita bukan sebuah aktivitas. Perhatikan contoh-contoh berikut:
Ganjil:
  • I learned German for three years.
Normal:
  • I studied German for three years until I finally learned to speak it.
Karena learn menunjukkan makna penguasaan/penyelesaian, maka tidak lazim ketika kita menggunakannya untuk subjek-subjek yang cukup luas yang mana tidak ada orang yang dapat mengetahui segala-galanya tentang itu. Justru, kita menggunakanlearn untuk bidang-bidang studi yang lebih terbatas.
Ganjil:
  • I learned science (sains cakupannya sangat umum)
  • I learned philosophy (filosofi cakupannya sangat umum)
  • I learned music (musik cakupannya sangat luas)
Normal:
  • I learned how to play the piano (piano adalah bagian dari musik yang bisa dikuasai oleh seseorang)
Cukup sulit membayangkan ada seseorang yang dapat mempelajari segala sesuatunya (learn) tentang sains. Akan tetapi, Anda dapat mempelajari sebagian (study) sains atau learn about science. Learn about mirip dengan learn yakni apa yang kita pelajari menjadi bagian dari ingatan kita, tetapi learn about tidak memiliki makna penguasaan seperti pada kata learn, sehingga kedengarannya lebih berterima pada kalimat-kalimat berikut.
Normal:
  • I’m studying history
  • I’m learning about Japanese history
  • I want to learn about Western phylosphy someday.
Semoga apa yang telah saya bahas pada postingan kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Tunggu postingan selanjutnya karna saya akan membahas tentang Perbedaan kata "Town" dan "City".

0 komentar:

Posting Komentar